Scholarship

Riwayat Pendidikan Dalam Cv – Apa Yang Harus Dituliskan

riwayat pendidikan dalam cv
image source : bing.com

Membuat CV yang menarik perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena CV akan menjadi salah satu cara bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan dan keunggulan diri Anda. Salah satu bagian penting dalam membuat CV adalah riwayat pendidikan. Bagian ini harus Anda isi dengan benar, karena akan menjadi salah satu pertimbangan dalam proses seleksi.

Dalam menuliskan riwayat pendidikan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, Anda harus menuliskan institusi pendidikan yang pernah Anda tempuh. Anda juga harus menuliskan jenjang pendidikan yang telah Anda tamatkan. Jika Anda telah menempuh pendidikan tinggi, Anda juga harus menuliskan judul tesis atau skripsi yang pernah Anda kerjakan.

Kedua, Anda harus menuliskan tahun masuk dan kelulusan sesuai dengan pendidikan yang pernah Anda tempuh. Jika tahun kelulusan belum diketahui, Anda bisa menuliskan “lulus dalam proses”. Apabila Anda lulus di tahun yang sama, maka Anda bisa menuliskan “lulus pada tahun…”.

Ketiga, Anda harus menuliskan nilai rata-rata yang telah Anda raih. Nilai ini akan menjadi acuan bagi pihak penerima lamaran untuk menilai Anda. Jika Anda belum mengetahui nilai rata-rata yang Anda raih, maka Anda bisa menuliskan “belum ada nilai rata-rata”.

Keempat, Anda harus menuliskan prestasi yang pernah Anda capai. Prestasi tersebut bisa berupa juara kelas, juara lomba, ataupun pengalaman mengikuti kegiatan organisasi. Di bagian ini, Anda harus menuliskan kegiatan yang Anda ikuti selama menempuh pendidikan.

Kelima, Anda harus menuliskan keterampilan yang telah Anda pelajari selama menempuh pendidikan. Keterampilan ini bisa berupa kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menulis, ataupun kemampuan lainnya.

Pedoman dalam Menuliskan Riwayat Pendidikan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menuliskan riwayat pendidikan. Pertama, Anda harus menuliskan pendidikan terakhir yang telah Anda tamatkan. Sebaiknya, Anda menuliskan pendidikan secara berurut mulai dari pendidikan terakhir hingga pendidikan terendah.

Kedua, Anda harus menuliskan jenjang pendidikan sesuai dengan yang pernah Anda tempuh. Misalnya, Anda harus menuliskan pendidikan S2, S1, D3, D2, D1, ataupun SMK.

Ketiga, Anda harus menuliskan nama institusi pendidikan yang pernah Anda tempuh. Anda harus menuliskan nama lengkap institusi pendidikan dan kota tempat institusi pendidikan tersebut berada.

Keempat, Anda harus menuliskan tahun masuk dan kelulusan yang telah Anda tempuh. Jangan lupa untuk menuliskan nilai rata-rata yang telah Anda raih.

Kelima, Anda harus menuliskan prestasi yang telah Anda capai. Jika Anda telah menempuh pendidikan tinggi, Anda juga harus menuliskan judul tesis atau skripsi yang Anda kerjakan.

Keenam, Anda harus menuliskan keterampilan yang Anda pelajari selama menempuh pendidikan. Keterampilan tersebut bisa berupa kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menulis, ataupun kemampuan lainnya.

Kesimpulan

Riwayat pendidikan akan menjadi salah satu pertimbangan dalam proses penerimaan karyawan. Oleh karena itu, Anda harus menuliskan riwayat pendidikan secara benar dan lengkap. Pada bagian riwayat pendidikan, Anda harus menuliskan institusi pendidikan, jenjang pendidikan, tahun masuk dan kelulusan, nilai rata-rata, prestasi, dan keterampilan yang telah Anda pelajari.

Anda harus menuliskan pendidikan secara berurut mulai dari pendidikan terakhir hingga pendidikan terendah. Selain itu, Anda juga harus menuliskan nama institusi pendidikan dan kota tempat institusi pendidikan tersebut berada. Dengan menuliskan riwayat pendidikan secara benar dan lengkap, Anda akan memudahkan pihak penerima lamaran untuk menilai Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button